Memahami Colocation Lebih Dalam

Colocation atau colocation hosting adalah tempat Anda menyewa ruang untuk perangkat keras IT Anda di fasilitas pusat data penyedia pihak ketiga. Menggunakan layanan colocation dapat memberikan keuntungan bagi bisnis Anda yang mungkin tidak Anda sadari menggunakan atau membangun fasilitas pusat data Anda sendiri. Pada artikel ini, saya akan mendalami apa itu colocation, bagaimana cara kerjanya, pro & kontra, dan bagaimana memilih penyedia colocation. Lanjutkan membaca untuk melihat apakah colocation server tepat untuk organisasi Anda.

Colocation atau colocation hosting adalah fasilitas pusat data yang sangat aman di mana peralatan, server, ruang, dan bandwidth tersedia untuk dibeli oleh bisnis. Colocation adalah fasilitas pusat data tempat perusahaan dapat membeli ruang untuk meng-host server mereka dan mengalami keamanan yang lebih tinggi serta waktu operasional yang terjamin. Sebagian besar perusahaan tidak berbisnis memiliki dan mengoperasikan pusat data, jadi mereka menggunakan fasilitas colocation untuk memasukkan infrastruktur penting perusahaan mereka.

Bisnis yang menggunakan layanan hosting colocation dapat memanfaatkan penyedia mereka:

Biaya daya dan bandwidth yang lebih rendah
Koneksi jaringan 24/7 berkecepatan tinggi dan redundan
Langkah-langkah keamanan pusat data fisik
Sertifikasi dan lencana kepatuhan
Stabilitas, fleksibilitas, dan skalabilitas jangka panjang
Dukungan teknis ahli
Biasanya, colocation hosting meningkatkan waktu operasi bisnis, memotong biaya modal, dan meningkatkan kualitas layanan yang dialami pelanggan. Colocation dapat mengambil infrastruktur server pelanggan yang ada dan memindahkannya dari kantor atau lingkungan lokal ke pusat data penyedia colocation.

Menggunakan colocation hosting memungkinkan organisasi untuk fokus secara eksklusif dalam mengelola operasi mereka sendiri dan memenuhi tujuan, sambil menurunkan anggaran TI mereka.

Cara Kerja Colocation Hosting
Fasilitas colocation memberi pelanggan bangunan fisik dan ruang lantai putih, pendingin, daya, bandwidth, dan keamanan. Pelanggan kemudian memberikan server organisasi mereka. Ruang di fasilitas biasanya disewa oleh rak, lemari, kandang, atau kamar pribadi. Beberapa penyedia colocation bahkan menawarkan layanan penyimpanan terkelola untuk mendukung inisiatif bisnis organisasi.

Ketika bisnis pindah ke fasilitas colocation, penyedia harus memastikan ada jumlah ruang yang tepat di dalam rak, bersama dengan daya untuk peralatan, alamat IP, dan port uplink untuk memastikan peralatan terhubung ke jaringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *